WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 15 Februari 2017

Kasih Dalam Perbedaan

MENGASIHI LEWAT PERBEDAAN                                              
Ada kisahtentang 2 keluarga yang sangatberbedasatusama lain. Keluargapertamayaitukeluarga Pak Tono yang terdiridari ayah, ibudansatu orang anak.Keluarga Pak Tonomerupakankeluarga yang termasukkategori kaya.Namunkeluargatersebutjarangsekaliberkumpul, keduaorangtua-nyaselalusibukbekerja demi uang.Keluarga Pak Tonoseringbertengkarjikaberkumpul, merekajarangsekaliberibadahdanhanyasibukdenganurusanmasing-masing.Karenaituanak Pak Tonotumbuhdanberkembangmenjadianak yang pemurungdansulitbergaul.Berbedadengankeluarga Pak Yohan yang selalumenyempatkandiriuntukberkumpulbersamakeluarga, walaupunsibukmerekapastimenyempatkandiriuntukberdoadanberibadah.Dalamkeluarga Pak Tonotidakadakasih, karenabahkanuntuktidakbertengkarsajasulit, apalagiuntuksalingmengasihi.NamunKeluarga Pak Yohanselaludisertaiolehkasih Allah.Kasihitudapatmerubahsesuatu yang kecilmenjadibesar, yang tidakbergunamenjadisangatbergunadan yang lemahmenjadikuatsertadapatmempersatukan.
Apaitukasih ?.Dalam 1 Yohanes4 : 8 dikatakan “Baransiapatidakmengasihi, iatidakmengenal Allah, sebab Allah adalahkasih”. Jadimenurutkitabsuci, kasihituadalah Allah sendiri.Jadijikakitamengasihisesama, kitajugamengasihi Allah.Lewatberbagaiperistiwa yangkitaalamisepanjanghidup ,kitatidakdapatmemungkiribahwa Allah itupenuhdengankasih. Karena Allah itukasih, saatkitamemilikihubungandengan Allah, kitadapatmengertiartikasih yang sesungguhnya.
            Jikakasihadalah Allah sendiri, mengapakitamasihtidakmaumengasihi.Alasanyang paling banyakdigunakan, mengapakitasulitmengasihiadlahkarenaperbedaan.Kita memangsebagaimanusiatidakpernahluputdariperbedaan, sepertisuku, ras, budaya, agama, dll.Mengapaterdapatperbedaan diantaramanusia ?Mengapa Allah menciptakanperbedanaan ?. Allah menciptakanperbedaandiantarakitabukan agar kitasalingmembencisatusamalain, namun agar kitamanusiasalingmelengkapidalamperbedaantersebut. Namunsebaliknya, kitasebagaimanusiamenganggapperbedaanitusebagaidindidngpengalanguntuksalingmengasihi.Manusiamenganggapperbedaansebagaisaranauntuksalingmencela, memaki, danmengina.
Jikamembicarakan kata perbedaan, pastitidakluputdaripersamaan.Kebanyakan orang menganggappersamaanituselaluberbuahbaikdanperbedaanselaluburuk.Padahaltidakselamanyapersamaanitubenardanperbedaanburuk.Perbedaanjugacenderungmembuathiduplebihberwarnadantidakmonoton.Bahkansemboyannegarakita, jugamenyangkuttentangperbedaan, yaitu “Bhineka Tunggal Ika” yang berartiberbeda-bedatetapitetapsatutujuan.Sebelummembahaslebihlanjutperhatikangambarberikut.

                      
                Dari gambartersebut, kitatahubahwatidakselamanyaperbedaanakanberdampakburuk. Justrupadagambartersebutperbedaanmembuatkeadilan.
            Tidakhanyadalamagama katholik, agama-agama yang lain jugapastimengajarkankasih. Dalam agama katholik, CintaKasihmerupakanhukumutama.DalamajaranKatholikadasebuahkisahtentangkasihdalamperbedaanyaituperumpaantentang orang samaria yang baikhati (Lukas 10 : 25-37). Orang Samaria adalahketurunanYahudi yang sudahberdarahcampuran, sehinggadihindarioleh orang Yahudiasli.Namun, ketikaadaseorangYahudi yang sekaratdantidakada yang maumenolongnya, justru orang Samaria yang memberikanpertolongan.Orang yang ditolongnyabukanhanyaberasaldaribangsa yang berbeda, namun yang selamainimenghinabangsanya. Ada jugakisahdariJawa Tengah, tentangSunan Kudus yang melarangwargakudusuntukmenyembelihsapi. Hal inisebagaipenghormatanpada orang Hindu yang tidakbolehmemakandagingsapi, yang dimanatradisitersebutmasihdilaksanakanhinggasekarang.Dari 2 kisahtersebut, kitadiajarkanuntukmengasihitanpapandangbulu, kitadiajarkanuntuksalingmenghormatidanmengasihipadasiapasaja.
            Sekaranginisemuaperbedaanitudianggapsebagaialatuntukmenjatuhkansatusama lain. Apalagisekarangsedangjamanyapilkada, sekarangperbedaanitutelahmenjadihalanganuntuksalingmengasihi, lewatperbedaanmalahdigunakanuntukkepentingandirisendiri.Belumlagimaraknya hoax yang beredar  dimana-mana, yang malahmenghalangikitauntuksalingmengasihidalamperbedaan. Kita seringkalimenganggapdirikita/kelompokkita paling benardan yang lainburuk. Karenahalitu, kitajadihanyamauuntukmengasihi orang yang samadengankita.
Kasihituseperti air sungai, jika air ituterusmengalirmakaakanmemberikankehidupan, tetapijika air tersebutkeringmakaakanmengakibatkankematian. Jikakitamengasihi, kitatidakhanyamenghidupkandirikitasendiridansesama, tetapijuga Allah.Sebaliknyajikakitatidakmengasihiataumalahmelukai.Kita tidakhanyamembunuhdirikitadansesamakitanamunjuga Allah kita, sebabkasihadalah Allah sendiri. Dan perbedaanitusepertibatubesar di tengahsungaitersebut, jikakitamembiarkanyabersamasungaitersebutmakaakanbergunasebagaijembatanpenyebrangbagimakhlukhidupdisana. Namunjikakitamencabutnya, makaakanmembuatlubangbesar di dasarsungai. Biarkanlahperbedaanmengalirbersamakasih, karenaperbedaantidakakandapatmenghambatkasih yang kitaperbuat.
Padadasarnya, kasihdanperbedaanitusama. Sama-samasudahadasejakkita di duniaini, danterusadadantumbuhdalamdirikita.Semuabergantungbagaimanacaramemandangnya. Jikakitatidakmaumengasihi, kitatidakhanyadikucilkandimatasesamakita, namunjugadimata Allah.Jikakitatidakmaumeneriamperbedaan, danhanyamenyibukandiri agar dipandangsamadengan orang lain, ituhanyamembuatdirikitamenjadi stress danhanyamembuang-buangwaktu. Padahakikatnyasemua orang itusamadimata Allah. Dan jikakitamaumengasihitetapitetapmembeda-bedakan, itusamasajatidakmaumengasihi. Karenakasih yang sesungguhnyahidupdalamperbedaan.

            Sebagaimanusia, kitaterlaluberaniuntukmenganggapmanusiaituberbeda.Padahal Allah sang Mahapenciptasajamenganggapkitasemuamanusiaitusama/sederajat. Mengapakitaharusmaluuntukberbedadengan orang lain, jikadimata Allah kitasemuaitusama. Dan mengapakitaharusmalumengasihi orang yang berbedadengankita.Sedangkan Allah menghendakikitamengasihisesamamanusia, bukanmanusia yang samadengankita. Olehkarenaitu, marilahkitasalingmengasihidalamperbedaan.Karenakasihdalamperbedaanitu Indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Recent

Random